Piagam Ottawa

Piagam Ottawa untuk Promosi Kesehatan
Konferensi Internasional Pertama Promosi Kesehatan,Ottawa, 21 November 1986

Konferensi Internasional pertama pada Promosi Kesehatan, bertemu di Ottawa ini hari ke-21 November 1986, dengan ini menyajikan PIAGAM yang berisi tindakan untuk mencapai Kesehatan Semua orang pada tahun 2000 dan seterusnya.

Piagam Ottawa:
1. Promosi Kesehatan
2. Arti Tindakan Promosi Kesehatan
3. Komitmen untuk Promosi Kesehatan
4. Panggilan untuk Aksi Internasional
5. Lambang Promosi Kesehatan

Konferensi ini merupakan respons utama terhadap ekspektasi yang berkembang untuk gerakan kesehatan publik baru di seluruh dunia. Diskusi difokuskan pada kebutuhan di negara industri, tetapi
memperhitungkan kekhawatiran keuangan serupa di semua daerah lain. Ini dibangun di atas kemajuan yang dibuat melalui Deklarasi Puskesmas di Alma-Ata, dimana target dari Organisasi Kesehatan Dunia yaitu untuk semua dokumen kesehatan, dan perdebatan terakhir di Majelis Kesehatan Dunia pada
lintas sektoral aksi untuk kesehatan.

Promosi Kesehatan

Promosi kesehatan adalah proses yang memungkinkan orang untuk meningkatkan kontrol dan untuk meningkatkan kesehatan mereka. Untuk mencapai keadaan fisik, kesejahteraan mental dan sosial sebuah individu atau kelompok harus mampu mengidentifikasi dan mewujudkan aspirasi, untuk memenuhi kebutuhan, dan untuk mengubah atau mengatasi lingkungan.Oleh karena itu, kesehatan dipandang sebagai sumber daya bagi kehidupan sehari-hari, bukan Tujuan hidup. Kesehatan merupakan konsep positif untuk menekan sumber daya pribadi dan sosial serta kapasitas fisik. Oleh karena itu, promosi kesehatan bukan hanya tanggung jawab di sektor kesehatan, tetapi melampaui gaya hidup sehat untuk kesejahteraan.

Prasyarat untuk Kesehatan

Kondisi fundamental dan sumber daya untuk kesehatan adalah:
• perdamaian,
• tempat tinggal,
• pendidikan,
• makanan,
• pendapatan,
• Kestabilan ekosistem
• sumber daya yang berkelanjutan
• keadilan sosial, dan ekuitas.

Peningkatan dalam kesehatan memerlukan sebuah landasan dalam prasyarat dasar ini.

Pengacara

Kesehatan yang baik adalah sumber daya utama untuk pembangunan sosial, ekonomi dan pribadi dan
penting dimensi kualitas hidup. Politik, ekonomi, sosial, budaya, lingkungan,faktor perilaku dan biologis bisa mendukung semua kesehatan atau membahayakan itu. Promosi kesehatan ini bertujuan untuk membuat kondisi yang menguntungkan melalui advokasi untuk kesehatan.

Kemungkinan

Promosi kesehatan berfokus pada pencapaian ekuitas dalam kesehatan.Tindakan promosi kesehatan bertujuan mengurangi perbedaan status kesehatan saat ini dan memastikan kesempatan dan sumber daya untuk memungkinkan semua orang untuk mencapai potensi sepenuhnya kesehatan mereka. Ini termasuk landasan aman di lingkungan yang mendukung, akses ke kecakapan hidup informasi, dan kesempatan untuk membuat pilihan kesehatan. Orang tidak dapat mencapai potensi penuh kesehatan mereka kecuali mengendalikan hal-hal yang menentukan kesehatan mereka. Ini berlaku untuk wanita
dan laki-laki.

Menengahi
Prasyarat dan prospek untuk kesehatan tidak dapat dipastikan oleh sektor kesehatan saja. Lebih
penting lagi, promosi kesehatan menuntut tindakan koordinasi dari semua pihak:oleh pemerintah,kesehatan sosial dan ekonomi lainnya, dengan swadaya masyarakat dan sukarela
organisasi,otoritas lokal industri dan media. Orang-orang di semua lapisan masyarakat terlibat sebagai individu, keluarga dan masyarakat. Profesional dan kelompok sosial dan kesehatan individu memiliki tanggung jawab utama untuk memediasi kepentingan yang berbeda dalam masyarakat untuk
mengejar kesehatan.

Strategi promosi kesehatan dan program harus disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan kemungkinan masing-masing negara dan wilayah untuk memperhitungkan perbedaan sosial, budaya
dan sistem ekonomi.

Arti Tindakan Promosi Kesehatan:

Membangun Kebijakan Kesehatan Publik

Promosi kesehatan melampaui perawatan kesehatan. Ini menempatkan kesehatan pada agenda dari pembuat kebijakan di semua sektor dan di semua tingkatan, mengarahkan mereka untuk menyadari konsekuensi kesehatan mereka,keputusan dan menerima tanggung jawab mereka untuk kesehatan.

Kebijakan promosi kesehatan menggabungkan berbagai pendekatan namun saling melengkapi termasuk perundang-undangan, kebijakan fiskal, perpajakan dan perubahan organisasi. Hal ini dikoordinasikan tindakan yang mengarah pada kebijakan kesehatan, penghasilan dan sosial yang mendorong pemerataan. Aksi bersama memberikan kontribusi untuk memastikan barang lebih aman dan sehat dan layanan, pelayanan umum sehat, dan bersih serta kenyamanan lingkungan lainnya.

Kebijakan promosi kesehatan memerlukan identifikasi hambatan untuk adopsi kebijakan kesehatan publik di sektor non-kesehatan, dan cara menghapusnya. Tujuannya membuat pilihan sehat pilihan dan mudah bagi para pembuat kebijakan.

Buat Lingkungan yang mendukung

Masyarakat kita yang kompleks dan saling terkait. Kesehatan tidak dapat dipisahkan dari tujuan lain. Itu Hubungan yang tak terpisahkan antara orang dan lingkungan mereka merupakan dasar untuk pendekatan sosioekologi kesehatan. Prinsip keseluruhan bagi dunia, negara, daerah dan masyarakat adalah sama,yaitu perlu untuk mendorong timbal balik pemeliharaan – untuk menjaga satu sama lain, masyarakat dan lingkungan alam kita. Konservasi sumber daya alam seluruh dunia harus ditekankan sebagai tanggung jawab global.

Perubahan pola hidup, pekerjaan dan liburan memiliki dampak signifikan pada kesehatan. Bekerja dan liburan seharusnya menjadi sumber kesehatan bagi manusia. Cara masyarakat mengatur kerja harus membantu menciptakan masyarakat yang sehat. Promosi kesehatan menghasilkan hidup dan kondisi kerja yang aman, merangsang, memuaskan dan menyenangkan.

Sistematis penilaian kesehatan merupakan dampak lingkungan yang cepat berubah – terutama di bidang teknologi, pekerjaan, produksi energi dan urbanisasi itu sangat penting dan harus diikuti oleh tindakan untuk memastikan manfaat positif bagi kesehatan masyarakat. Perlindungan terhadap alam dan pembangunan lingkungan dan konservasi sumber daya alam harus ditangani dalam setiap strategi promosi kesehatan.

Memperkuat Komunitas Aksi

Promosi kesehatan bekerja melalui aksi konkret dan efektif dari masyrakat dalam menetapkan prioritas,membuat keputusan, merencanakan strategi dan menerapkannya untuk mencapai kesehatan yang lebih baik. Inti dari proses ini adalah pemberdayaan komunitas,kepemilikan mereka dan mencoba mengontrol diri dan nasib mereka.
Pengembangan masyarakat mengacu pada sumber daya manusia dan material yang ada di masyarakat untuk meningkatkan swadaya dan dukungan sosial, dan untuk mengembangkan sistem fleksibel untuk memperkuat partisipasi masyarakat dalam dan arah masalah kesehatan. Hal ini memerlukan akses komunikasi secara terus menerus, kesempatan belajar bagi kesehatan, serta dukungan pendanaan.

Mengembangkan Keterampilan Pribadi

Promosi kesehatan mendukung pengembangan pribadi dan sosial melalui penyediaan informasi, pendidikan untuk kesehatan, dan meningkatkan keterampilan hidup. Dengan melakukan hal itu,meningkatkan pilihan yang tersedia kepada orang-orang untuk latihan lebih mengontrol kesehatan mereka sendiri dan atas lingkungan mereka, dan untuk membuat pilihan kondusif untuk kesehatan.

Memungkinkan orang untuk belajar sepanjang hidup, untuk mempersiapkan diri bagi semua kemungkinan dan mengatasi penyakit kronis dan cedera adalah penting. Ini harus menjadi fasilitasi di sekolah, rumah,tempat kerja dan masyarakat. Aksi diperlukan melalui pendidikan, profesional,komersial dan badan sukarelawan, dan dalam institusi itu sendiri.

Merubah Arah Pelayanan Kesehatan

Tanggung jawab untuk promosi kesehatan dalam pelayanan kesehatan dibagi di antara individu,kelompok masyarakat, kesehatan profesional, lembaga pelayanan kesehatan dan pemerintah.

Mereka harus bekerja sama menuju sistem perawatan kesehatan yang memberikan kontribusi untuk mencapai kesehatan.Peranan sektor kesehatan harus meningkatkan bimbingan dalam promosi kesehatan, diluar tanggung jawabnya untuk menyediakan layanan klinis dan kuratif. Pelayanan kesehatan harus mencakup pulamandat yang diperluas yang sensitif dan menghormati budaya. Mandat ini harus mendukung kebutuhan individu dan masyarakat untuk hidup sehat, dan saluran terbuka antara sektor kesehatan dan sosial yang lebih luas, politik, ekonomi dan komponen lingkungan fisik.

Reorientasi pelayanan kesehatan juga memerlukan perhatian yang lebih kuat untuk penelitian kesehatan serta perubahan dalam pendidikan profesional dan pelatihan. Ini pasti menyebabkan perubahan sikap dan organisasi pelayanan kesehatan yang tidak fokus pada total kebutuhan individu secara keseluruhan.

Beranjak ke Masa Depan

Kesehatan diciptakan dan dijalani oleh orang-orang dalam pengaturan kehidupan sehari-hari mereka, di mana mereka belajar, bekerja, bermain dan mencintai. Kesehatan diciptakan dengan merawat diri sendiri dan orang lain, dengan dapat mengambil keputusan dan memiliki kontrol atas keadaan hidup seseorang, dan dengan memastikan bahwa masyarakat itu hidup satu kali dan menciptakan kondisi yang memungkinkan pencapaian kesehatan oleh semua anggotanya.

Peduli, holisme dan ekologi adalah isu-isu penting dalam mengembangkan strategi untuk promosi kesehatan.Oleh karena itu, mereka yang terlibat harus mengambil sebagai prinsip bahwa, dalam setiap tahapan perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi kegiatan promosi kesehatan, wanita dan pria harus
menjadi mitra sejajar.

Komitmen untuk Promosi Kesehatan

Janji Para Peserta dalam Konferensi:
• untuk pindah ke kebijakan publik yang sehat, dan untuk menganjurkan politik yang jelas
komitmen terhadap kesehatan dan ekuitas di semua sektor;
• untuk melawan tekanan terhadap produk berbahaya, penipisan sumber daya, hidup yang tidak sehat kondisi dan lingkungan, dan gizi buruk, dan untuk memusatkan perhatian pada isu-isu kesehatan masyarakat seperti polusi, bahaya kerja, perumahan dan permukiman;
• untuk merespon kesenjangan kesehatan di dalam dan antar masyarakat, dan untuk mengatasi ketidaksetaraan dalam kesehatan yang dihasilkan oleh peraturan dan praktik dari masyarakat;
• untuk mengakui rakyat sebagai sumber daya kesehatan utama; untuk mendukung dan memungkinkan mereka untuk menjaga diri, keluarga dan teman-teman sehat melalui sarana keuangan dan lainnya, dan untuk menerima masyarakat sebagai suara penting dalam hal kesehatan, kondisi hidup dan kesejahteraan;
• untuk reorientasi pelayanan kesehatan dan sumber daya mereka terhadap promosi kesehatan, dan untuk berbagi kekuasaan dengan sektor lain, disiplin lain dan yang paling penting, dengan diri mereka sendiri.
• untuk mengenali kesehatan dan pemeliharaannya sebagai investasi sosial yang besar dan tantangan, dan untuk mengatasi masalah ekologi secara keseluruhan dalam kehidupan kita.

Konferensi ini mendesak semua pihak terkait untuk bergabung dengan mereka dalam komitmen mereka untuk aliansi kesehatan public yang kuat.

Panggilan untuk Aksi Internasional

Piagam Ottawa:
1. Promosi Kesehatan
2. Arti Tindakan Promosi Kesehatan
3. Komitmen untuk Promosi Kesehatan
4. Panggilan untuk Aksi Internasional
5. Lambang Promosi Kesehatan

Konferensi ini meminta Organisasi Kesehatan Dunia dan organisasi internasional lainnya untuk mengadvokasi promosi kesehatan di semua forum yang sesuai dan mendukung negara-negara menyiapkan strategi dan program untuk promosi kesehatan.

Konferensi ini sangat yakin bahwa jika semua orang di lapisan masyarakat, non pemerintah dan organisasi sukarela, pemerintah, Organisasi Kesehatan Dunia dan semua badan lainnya yang bersangkutan bergabung dalam memperkenalkan strategi untuk promosi kesehatan, sejalan dengan moral dan nilai-nilai sosial yang membentuk dasar sesuai Piagam ini,maka kesehatan untuk semua orng pada tahun 2000 akan menjadi kenyataan.

Lambang Promosi Kesehatan

Penjelasan singkat dari logo yang digunakan oleh WHO sejak Konferensi Internasional Pertama tentang Promosi Kesehatan diadakan di Ottawa, Kanada, pada tahun 1986. Pemilihan elemen dari logo tersebut digunakan untuk memberikan penjelasan khusus dari suatu bagian atau untuk memudahkan pemahaman dari penjelasan yang ada.

Logo ini telah dibuat untuk Konferensi Internasional Pertama tentang Promosi Kesehatan yang diadakan di Ottawa, Kanada, pada tahun 1986. Pada konferensi itu, Piagam Ottawa untuk Promosi Kesehatan diluncurkan. Sejak itu, WHO menetetapkan simbol ini sebagai logo Promosi Kesehatan (HP logo), seperti pendekatan promosi kesehatan yang dituangkan dalam Piagam Ottawa.

Logo ini merupakan lingkaran dengan 3 sayap. Ini mencakup lima area aksi utama dalam Promosi Kesehatan (membangun kebijakan publik yang sehat, menciptakan lingkungan yang mendukung bagi kesehatan, memperkuat aksi masyarakat untuk kesehatan, mengembangkan keterampilan pribadi, dan re-orientasi pelayanan kesehatan) dan tiga dasar strategi HP (untuk mengaktifkan, memediasi, dan advokat).

Elemen grafis utama logo HP adalah:

a. satu di luar lingkaran,
b. satu putaran titik dalam lingkaran, dan
c. tiga sayap yang berasal dari tempat ini dalam, salah satunya adalah melanggar lingkaran luar.
a) lingkaran luar, dengan warna merah, mewakili tujuan “Membangun Kebijakan Kesehatan Publik”, karena itu melambangkan kebutuhan akan kebijakan untuk “memegang sesuatu bersama-sama”. Lingkaran ini meliputi tiga sayap, melambangkan kebutuhan untuk mengatasi semua bidang tindakan lima kunci dari promosi kesehatan diidentifikasi dalam Piagam Ottawa secara terpadu dan saling melengkapi.
b) tempat putaran dalam lingkaran singkatan tiga strategi dasar untuk promosi kesehatan, “memungkinkan, mediasi, dan advokasi”, yang diperlukan dan diterapkan ke semua tindakan dalam bidang promosi kesehatan. (Definisi lengkap dari istilah-istilah ini dapat ditemukan di Glosarium Promosi Kesehatan, WHO/HPR/HEP/98.1)
c) mewakili tiga sayap (dan mengandung kata-kata)lima kunci untuk promosi kesehatan yang diidentifikasi dalam Piagam Ottawa untuk Promosi Kesehatan pada tahun 1986 dan adalah menegaskan kembali dalam Deklarasi Jakarta pada Promosi Kesehatan Memimpin ke abad ke-21 tahun 1997 .

Lebih spesifik:

• sayap atas yang melanggar lingkaran menyatakan bahwa tindakan yang diperlukan untuk “memperkuat aksi masyarakat” dan “mengembangkan keterampilan pribadi”. Sayap ini adalah melanggar lingkaran melambangkan bahwa masyarakat dan komunitas serta individu selalu berubah dan, karena itu, lingkup kebijakan harus terus-menerus bereaksi dan mengembangkan untuk mencerminkan perubahan ini: sebuah “Kebijakan Publik Sehat” diperlukan;
• sayap tengah di sisi kanan menyatakan bahwa tindakan yang diperlukan untuk “menciptakan lingkungan yang mendukung bagi kesehatan”
• sayap bawah merupakan tindakan yang diperlukan untuk “reorientasi pelayanan kesehatan” terhadap pencegahan penyakit dan promosi kesehatan.

Secara keseluruhan, logo memvisualisasikan ide bahwa Promosi Kesehatan adalah, komprehensif multi-strategi pendekatan. Promosi Kesehatan berlaku beragam strategi dan metode secara terpadu – salah satu prasyarat “untuk Promosi Kesehatan menjadi efektif” (Deklarasi Jakarta 1997). Promosi Kesehatan membahas area aksi utama yang diidentifikasi dalam Piagam Ottawa secara terpadu dan koheren.

Istilah Promosi Kesehatan (HP) pada masa kini sering digunakan sebagai setara Pendidikan Kesehatan (HE). Tapi Pendidikan Kesehatan merupakan salah satu dari beberapa komponen kunci dan daerah tindakan promosi kesehatan seperti yang digambarkan oleh logo HP (lihat area tindakan kunci dari “mengembangkan keterampilan pribadi”).

Logo Promosi Kesehatan dan pendekatan diperkuat di konferensi kedua dan ketiga pada Promosi Kesehatan yang berlangsung di Sundsvall dan di Adelaide.

Dalam Konferensi Internasional Keempat tentang Promosi Kesehatan, yang digelar di Jakarta, Indonesia, pada bulan Juli 1997, desain logo Ottawa sedikit dimodifikasi untuk mencerminkan budaya dan suasana negara tuan rumah konferensi, membuat yakin bahwa bentuk dan elemen dari logo asli yang diawetkan, bersama dengan makna dalamnya.

Logo Konferensi Jakarta adalah versi yang lebih terbuka dan sedikit lebih abstrak dari logo promosi kesehatan yang asli dari Ottawa. Tiga sayap, yang sekarang di berwarna merah bata, masih merupakan tindakan utama dalam bidang promosi kesehatan. Lingkaran luar dan tempat yang dalam dari logo Ottawa digabung ke tempat biru yang unik dari tempat tiga sayap berasal. Ini masih melambangkan bahwa promosi kesehatan tetap pada aksinya dengan pendekatan multi-strategis terintegrasi. Secara keseluruhan, desain logo Promosi Kesehatan disesuaikan untuk Konferensi di Jakarta lebih terbuka dan meriah, semua sayap sekarang mencapai keluar dari lingkaran. Hal ini, visualisasi fakta bahwa bidang promosi kesehatan telah tumbuh dan berkembang, dan bahwa hari ini dan di masa depan promosi kesehatan mencapai lebih dari target untuk pemain baru dan mitra, di semua lapisan masyarakat, dari lokal ke tingkat global.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s